Copyright 2015 Macam Jenis Batu Akik All Rights Reserved. Powered by Blogger.

3 Jenis Batu Akik Asli Majalengka Jawa Barat

3 Jenis batu akik asli Majalengka Jawa barat - Pameran batu akik yang digelar pada bulan mei lalu di desa banjaran banyak didatangi pengunjung. Mereka yang datang bukan hanya dari Majalengka saja melainkan dari Kuningan dan Cirebon. Antusias masyarakat khususnya yang berasal dari Majalengka memang sudah diduga sebelumnya. Ketiga jenis batu akik yang dipamerkan di Majalengka adalah Batu Akik Katilayu, Jati dan Jesper. Ketiganya merupakan jenis batu akik yang banyak ditemukan di sungai Cikeruh Sukahaji Majalengka Jawa Barat.

Berikut ulasan mengenai ketiga batu tersebut :

  • BATU AKIK KATILAYU

Batu akik katilayu merupakan sebuah batu yang terbentuk oleh beberapa fosil getah pohon yang sudah mengeras karena proses alamiah. Batu akik ini terbentuk dari getah pohon katilayu seperti getah karet. Untuk mengetahui keaslian batu akik katilayu adalah dengan cara memasukannya ke air berisi ikan, Jika ikan tersebut menghampiri tangan anda maka sudah dipastikan batu tersebut asli dan jika tidak maka batu akik katilayu tersebut palsu.
  • BATU AKIK JATI

Batu akik jati merupakan sebuah batu akik yang terjadi dari fosil pohon kayu jati. Batu ini memiliki ciri khas yang unik yaitu berwarna hitam kecoklatan dan terdapat sebuah serat seperti halnya kulit pohon jati. Harga batu akik jati sangatlah tinggi seperti sesuai dengan keindahan batu tersebut.
  • BATU AKIK JESPER

Batu akik jesper adalah sebuah batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan antara 6 hingga 7 mohs. Batu akik jesper biasanya selalu tembus jika di senter. Untuk mengetahui batu akik jenis ini ada beberapa ciri-ciri yang harus anda ketahui :

1. Satu warna/masif dan terlihat kompak yaitu Hijau, Merah, Biru, Kuning dan Putih
2. Adanya warna yang berlapis-lapis
3. Adanya bintik-bintik kecil yang tidak beraturan
4. Adanya garis-garis pada batunya
5. Sebagian pada batunya bisa membiaskan cahaya
6. Motif khas yang terdapat pada batu ini seperti natural, artistik dan eksotik.


Demikian ulasan 3 Jenis batu akik asli Majalengka jawa Barat, Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Fantastis Batu Akik Bergambar Nyi Roro Kidul Seharga Rp 5 Miliar!!!!


1 comments:

  1. Cakep cakep batunya mas apalagi yang batu akaik jati unik banget bentuknya

    ReplyDelete