Copyright 2015 Macam Jenis Batu Akik All Rights Reserved. Powered by Blogger.

Ini dia 5 Jenis Batu Mulia yang terdapat pada Kitab klasik terdahulu

Pada zaman dahulu trend batu mulia tidak seperti sekarang ini namun ternyata pada zaman dahulu telah lebih dikenal oleh para ulama dan dituangkan pada sebuah sebuah buku fiqih klasik yang menerangkan beberapa jenis atau varian batu mulia yang pada zaman digunakan untuk berthaharah. yang mana buku klasik tersebut dikhususkan untuk membahas masalah istinja (bercebok).

Adapun 5 jenis batu mulia yang terdapat pada kitab fiqih klasik karya Tuhfah Al-Habib ala Syahri karya Al bujairmi dan Ghayah Al Bayan karya Ar ramli adalah sebagai berikut :


1. Al Yaqut (Ruby)

Al yakut merupakan istilah yang dipakai oleh Al Bujairmi di dalam kitab klasik Tuhfah Al Habib yang merupakan batu paling mulia yang memiliki ketahanan terhadap api. batu ini di Inggris dinamakan bau Ruby yang merupakan batu berwarna merah memiliki kekuatan terhadap api.

2. Zabarjad (Peridot)


Batu mulia yang satu ini merupakan batu yang mirip dengan batu zamrud. Para ulama terdahulu menyimpulkan bahwa keduanya memiliki warna yang sama yaitu hijau. dalam peradaban islam batu ini pernah menjadi yang termahal pada masa khalifah Utsman di Turki. Pada masa itu kekhalifahan tersebut merupakan khalifah terbanyak didunia yang memiliki batu mulia jenis zabarjad atau peridot ini. Pada kekhalifahan tersebut batu zabarjad digunakan sebagai batu cincin, hiasan tempat perhiasan dan hiasan pada surban.

3. Az-zumurud (Emerald)

Az zumurud atau batu zamrud merupakan batu mulia yang berwarna hijau transparan terbaik demikian definisi Az zumurud dalam Al Mu'jam Al wasith sedangkan dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan Emerald.

4. Aqiq

Aqiq merupakan sebuah batu mulia yang sedang ngetrend saat ini khususnya di Indonesia. Batu ini memiliki keindahan di setiap jenisnya. Dalam kitab fiqih Tuhfah Al-Habib ala Syahri karya Al bujairmi sebagai batu mulia yang berwarna merah dan konon banyak ditemukan di pesisir laut tengah.

5.Turquoise

Batu yang terakhir adalah batu Al fairuj atau batu pirus yang memiliki warna biru langit dan warna biru kehijauan yang digunakan untuk berbagai macam perhiasan seperti yang dijelaskan pada Al Mu'jam Al Wasith.Batu ini disebut dalam bahasa inggris turquoise. Batu ini banyak ditemukan di Iran dan Gurun Sinai Mesir.

Demikian ulasan mengenai 5 batu mulia yang jenisnya pada kitab fiqih klasik. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment